Yoga dan Sholat

Sudah beberapa minggu ini aku ikut kelas yoga. Kenapa yoga? Soalnya kalo lari capek, aerobik juga capek (lah namanya juga olahraga, ya capek lah wkk). Nggak ding, soalnya kayaknya seru gitu yoga, gerakannya ga heboh, tapi bisa tetep fit. Pilihannya antara yoga sama pilates. Berhubung di deket kantor ada studio yoga baru, dan kelasnya belum rame-rame banget, jadi cobain ah. Terus yoga juga bisa benerin postur badan juga, biar makin ok gitu *eaa. Abis latihan yoga biasanya malemnya tidur bisa nyenyak (atau kebluk? Agak susah bedainnya wkk).

Di setiap akhir latihan, selalu ada kontemplasi, atau semacam meditasi kecil gitu (ato apalah namanya ya). Jadi kita duduk bersila, sambil memejamkan mata, ambil nafas panjang. Dan instrukturnya selalu bilang,
“Sadari tiap nafas yang mengalir dalam tubuh kita, dan syukuri tiap nafasnya”, atau begitulah kira-kira kalimatnya. Meditasi kecil ini berhasil buatku, membuatku jadi mensyukuri tiap nikmat yang Allah berikan, walaupun hanya sekecil helaan nafas. Eh, ya itu nikmat besar sih ya, kalo kita ga bisa nafas gimana coba bayangin. Kalo lagi flu, hidung mampet aja udah susah nafas gitu, betapa nikmatnya kalo lagi sehat, bisa nafas lancar. Tapi seringnya kita lupa atau ga sadar sudah dikasih nikmat itu.

Dan ini bikin aku mikir, kalo pas meditasi yoga aku bisa fokus, kenapa pas sholat nggak? Kayaknya susah banget fokus kalo pas lagi sholat. Saking udah hafalnya bacaan sholat, jadi udah autopilot aja kayaknya. Coba aja kalo bisa, kita sadari tiap ucapan bacaan sholat yang keluar dari mulut kita. Lebih bagus lagi kalo mengerti artinya. Jadi sholatnya nggak buru-buru, fokus dan menghayati tiap bacaan sholatnya, mungkin bisa jadi khusyuk, pikiran nggak melayang kemana-mana.

Kalo situasi lingkungannya mendukung, ini bisa banget ya. Kayak studio yoga yang hening, suara yang terdengar hanya suara instruktur yoga dan kadang diiringi musik yang menenangkan. Buat sholat, tantangannya adalah kalo:
– tempatnya rame, misalnya ada suara orang ngobrol, anak kecil, bayi nangis, ato lingkungan sekitar tempat sholatnya yang emang bising
– sholat berjamaah yang mana imamnya cepet banget bacaan/gerakannya

Bagaimana pun, harus tetep dicoba😀

4 thoughts on “Yoga dan Sholat

  1. mdh2an aku bisa ikut kelas pilates yaa… pengen banget… dulu suka ngelakuin sendiri di rumah, ngikut video2nya….

    soal bacaan sholat yg autopilot itu…. hmmmm….
    saya lagi ikut tahsin, memperbaiki bacaan Al Qur’an.. dan ternyata hapalan surat2 yang sudah ribuan kali dibaca itu bacaannya banyak yang belum pass… Amppuuunnnn….

    • Iya mbak, aku jg kl pilates ngikutin video aja di rumah, kadang sesekali ikut kelas juga sih tapi kurang enak kelasnya. Yang yoga mayan rutin 2-3 kali seminggu.
      Jangankan bacaannya bener mbak, fokusnya aja belum T_T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s